Former Chief Minister of Northern Territory

Kali ini saya bertemu dengan Bapak Terry Mills salah satu anggota Dewan dari Kota Palmerston sekaligus mantan Chief Minister of Northern Territory di Rumah Om Dom. Dulu sebelum ke Australia saya sempat bekerja disalah satu Kemenko. Sering sekali saya bertemu dengan menteri, gubernur, walikota, bupati, dan para pejabat. Tapi kesannya sebagai seorang pejabat mereka memiliki banyak pengawal dan memang terlihat seperti seharusnya pejabat sih, kayaknya juga serasa seperti ada perbedaan kasta antara rakyat yang dipimpin dengan pemimpinnya.

Namun berbeda dengan di Australia pejabatnya lebih merakyat kalau diundang ke rumah rakyatnya untuk sekedar dinner bersama mereka masih bisa menyempatkan diri hadir seperti malam ini aku dinner bersama dengan Bapak Terry dan kolega, kalau di Indo boro2 dinner bareng. Ketemu Gubernur Jawa Timur, daerah tempat saya tinggal dari kecil saya saja ngak pernah ketemu, malah di Australia ketemu salah satu mantan Chief Ministernya (Gubernur). Susah terwujud kayaknya hal seperti ini di Indonesia kalau ngak kenal banget. Saya pernah semeja makan dengan salah satu Menko jaman bapak SBY kayaknya harus kenal baru bisa duduk semeja.

Berbeda dengan di Australia saking merakyatnya pejabat di Australia bahkan saat kampanye jelang pemilihan umum aku pernah lihat mereka biasa ngadain barbecuean di taman sambil bagi-bagi brosur dan bercengkrama dengan rakyatnya, luar biasa kita butuh hal2 seperti ini di Indonesia. Pengalaman bertemu dengan Bapak Terry Mils mampu membuat saya memiliki pandangan pejabat memang harus merakyat karena mereka mewakili rakyat itu sendiri dengan bertemu dan bercengkrama dengan rakyat juga, pejabat dapat tahu apa keinginan dan kebutuhan rakyatnya. Oke deh ini akan aku simpan sebagai pengalaman berharga ketika kelak aku jadi pejabat. Hahahahha….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *